FAQ

Pertanyaan yang umum diajukan

Tentang Hipnosis-Hipnoterapi

Pertanyaan Seputar Keilmuan Hipnosis-Hipnoterapi

Apakah itu hipnosis?

Hipnosis adalah sebuah proses ‘perpindahan kesadaran’ dalam diri seseorang dari pikiran sadar (conscious mind) ke pikiran bawah sadar (subconscious mind) yang ditandai dengan terjadinya perpindahan gelombang otak dari beta ke alpha atau theta, sering kali dibarengi terjadinya efek relaksasi pada sistem otot dan syaraf yang membuat nampak seolah seperti tidur.

Apakah itu hipnoterapi?

Sebagaimana sudah dibahas sebelumnya bahwa hipnosis adalah proses perpindahan kesadaran dari pikiran sadar ke pikiran bawah sadar, hipnoterapi adalah teknik terapi yang diterapkan dalam kondisi perpindahan kesadaran (kondisi hipnosis) tersebut, dengan kata lain hipnoterapi adalah salah satu bentuk terapi yang dilakukan dengan terlebih dahulu mengakses pikiran bawah sadar melalui serangkaian proses hipnosis tertentu.

Hipnoterapi bukanlah teknik terapi menggunakan hipnosis, karena hipnosis lebih mengacu kepada sebuah kondisi perpindahan kesadaran. Oleh karenanya, hipnoterapi merupakan penerapan teknik-teknik psikoterapi yang dilakukan dalam kondisi hipnosis.

Apakah hipnoterapi melibatkan hal magis dan mistis?

Tidak, hipnosis-hipnoterapi adalah sebuah fenomena yang ilmiah dan segala prosesnya bisa dipertanggungjawabkan. Hipnosis-hipnoterapi sama sekali tidak melibatkan unsur magis dan mistis apa pun yang bertentangan dengan agama dan keyakinan mana pun.

Sebagai sebuah keilmuan yang ilmiah, tak heran jika British Medical Association dan American Psychological Association mengakui keberadaan hipnosis sebagai bagian dari divisi mereka sampai saat ini (lebih lanjut mengenai hal ini bisa dipelajari dengan klik di sini). Ketika ada yang menyudutkan hipnosis sebagai keilmuan magis dan mistis maka dipastikan yang bersangkutan belum memahami keilmuan ini seutuhnya dan belum membuka dirinya untuk bisa melihat keilmuan ini sebagai fenomena ilmiah.

Apakah hipnosis-hipnoterapi sama dengan tidur?

Sama sekali tidak, kondisi hipnosis terjadi di perpindahan kesadaran yang ditandai dengan berpindahnya gelombang otak beta ke alpha atau theta dimana di frekwensi ini kesadaran seseorang justru semakin meningkat untuk merespon sugesti. Tidur terjadi di gelombang otak delta dimana di frekwensi ini kemampuan seseorang untuk merespon sugesti menurun.

Kondisi perpindahan kesadaran pada umumnya terjadi dibarengi dengan rileksnya sistem otot dan syaraf dalam diri seseorang, ditambah lagi adanya arahan untuk memejamkan mata maka sekilas hal ini nampak seperti tidur bagi orang awam, padahal sama sekali tidak, klien tetap sadar sepenuhnya dan mampu berkomunikasi dengan baik, hanya saja dalam kondisi rileks perpindahan kesadaran yang nampak seperti tidur.

Apakah hipnosis-hipnoterapi bisa dilakukan ke sembarang orang?

Tidak, hipnosis-hipnoterapi hanya bisa dilakukan pada mereka yang mengijinkan dan menginginkan dirinya untuk dihipnosis. Ada bagian pelindung yang aktif dalam pikiran bawah sadar setiap orang dimana bagian pelindung inilah yang memberikan persetujuan bagi seseorang untuk memasuki kondisi hipnosis.

Dalam kasus dimana seseorang bisa seolah ‘terhipnotis’ di jalanan dan menjadi korban kejahatan maka hal ini bukanlah hipnosis, silakan temukan jawabannya di bawah nanti.

Apakah seseorang kehilangan kesadaran dalam proses hipnosis-hipnoterapi?

Sama sekali tidak, yang terjadi adalah perpindahan kesadaran dan bukannya kehilangan kesadaran. Klien tetap menyadari segala apa yang terjadi dan tetap mengingat segala-sesuatunya, hanya saja di level kesadaran berbeda yang membuatnya lebih reseptif dalam menerima sugesti positif. Bahkan yang sesungguhnya terjadi adalah peningkatan kesadaran yang ditandai dengan meningkatnya kemampuan otak untuk mengingat berbagai peristiwa sejak lahir dulu, hal ini juga yang menjadi landasan penelusuran akar masalah dalam sesi hipnoterapi.

Apakah seseorang kehilangan kendali dalam proses hipnosis-hipnoterapi?

Tidak, klien tetap memegang kendali penuh atas segala yang kita lakukan dalam proses terapi, jika sugesti yang diberikan dirasa bertentangan dengan norma dan keyakinan yang kita anut atau bahkan membahayakan maka sugesti tersebut akan ditolak. Ini yang membuat hipnoterapis hanya bisa memberikan terapi pada klien yang datang karena keinginan sendiri dan tidak bisa menerapi mereka yang datang karena terpaksa (bukan keinginan sendiri).

Apakah seseorang bisa mengatakan rahasianya dalam sesi hipnoterapi?

Tergantung dari jenis rahasia apa yang dimaksud. Hipnoterapi bisa membantu seseorang menelusuri masalah di pikiran bawah sadar namun kendali untuk mengungkapkan masalah itu terletak pada diri klien, jika klien tidak bersedia mengungkapkannya maka ia tidak akan mengatakannya.

Sekali lagi, ada bagian pelindung yang aktif dalam diri setiap orang, dalam situasi dimana bagian ini merasa informasi yang harus dikatakannya bersifat rahasia dan berpotensi mengancamnya maka ia akan menahannya bagaimanapun juga, hal ini yang membuat proses hipnosis tidak bisa digunakan untuk menginterogasi para pelaku kejahatan.

Bagaimana dengan tayangan hipnosis di televisi?

Apa yang ditayangkan di televisi merupakan aplikasi dari hipnosis untuk hiburan yang disebut stage hypnosis. Dalam proses hiburan praktisi yang melakukan proses hipnosis haruslah piawai mengemas acara agar nampak dramatis. Dalam prakteknya tak jarang yang juga merekayasa adegan dengan bumbu tertentu agar menarik para peminat.

Kunci keberhasilan berikutnya terletak pada pemilihan subjek. Dalam prosesi stage hypnosis subjek yang dipilih biasanya subjek yang cukup sugestif dalam menerima sugesti dan tidak keberatan dihipnosis atau melakukan aksi-aksi sebagaimana yang disugestikan, termasuk yang konyol sekalipun, kesalahan pemilihan subjek dan kurangnya bumbu hiburan bisa berdampak pada gagalnya pengemasan acara.

Bagaimana dengan tindak kejahatan menggunakan hipnosis?

Perlu kami ulas bahwa istilah ‘kejahatan menggunakan hipnosis‘ tidaklah tepat, yang lebih tepat adalah ‘kejahatan mengatasnamakan hipnosis‘. Dalam prakteknya yang terjadi adalah penipuan trik psikologis yang cerdas yang membuat seseorang ‘merasa dihipnotis’ namun tidak menyadarinya dan merasa terhipnotis oleh karenanya.

Berikutnya, sebagaimana sudah dijelaskan dalam proses hipnosis seseorang sejatinya tetap memegang kesadaran penuh dan mampu mengingat apa yang terjadi, dalam banyak kasus yang terjadi adalah korban tidak ingat apa yang terjadi ketika ‘terhipnotis’, yang satu ini biasanya merupakan aplikasi dari keilmuan mistis yang disalahgunakan.

Apakah hipnosis bisa membuat seseorang memiliki kekuatan super?

Tidak, hipnosis dapat digunakan untuk meningkatkan kondisi fisik, namun sesuai batasan wajar yang mampu dilakukan oleh bagian tubuh dan organ, dalam hubungannya dengan kontrol rasa sakit misalnya (pain management), seseorang bisa disugesti untuk tidak merasakan sakit jika terkena pisau namun tetap saja tubuhnya akan berdarah jika terkena sayatan langsung pisaunya.

Bagaimana jika kita tidak bisa bangun dari hipnosis?

Perlu diingat 2 hal: pertama, tidak ada kondisi hipnosis yang berlangsung permanen, dan kedua,  interaksi diperlukan dalam kondisi hipnosis. Jika seseorang berada dalam kondisi hipnosis dan interaksi terhenti untuk waktu yang lama, maka klien otomatis akan memasuki kondisi tidur biasa dan terbangun secara normal dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Tentang Layanan

Pertanyaan Seputar Layanan Hipnoterapi Bersama Graha Hipnoterapi Bandung

Mengapa sebaiknya memilih hipnoterapi?

Hipnoterapi memungkinkan kita untuk menelusuri sebuah masalah sampai ke akarnya yang paling dalam di pikiran bawah sadar dan menuntaskannya dengan lebih efektif.

Bukan berarti terapi yang dilakukan di pikiran sadar tidak efektif, karena semua memiliki kelebihan-kekurangannya masing-masing. Yang membuat terapi bawah sadar menjadi efektif karena perubahan yang terjadi di dalamnya akan langsung memberi dampak ke pikiran sadar.

Hipnoterapi bukan menggantikan metode terapi lain, justru melengkapinya, oleh karenanya pendekatan yang digunakan di Graha Hipnoterapi Bandung merupakan pendekatan hipnoterapi & konseling integratif.

Apa saja kasus yang bisa ditangani oleh hipnoterapi?

Berbagai macam kasus yang berkenaan dengan masalah emosional, perilaku dan psikosomatis (masalah fisik yang muncul dari emosi) termasuk masalah sikap, perilaku dan kebiasaan karena pada dasarnya sikap, perilaku dan kebiasaan yang mengganggu seperti merokok, berjudi menggigit kuku dan lain-lain pun terbentuk karena adanya program yang bersarang di pikiran bawah sadar, maka hipnoterapi menjadi efektif karena penanganannya langsung dilakukan di pikiran bawah sadar.

Apa saja kasus yang tidak bisa ditangani oleh hipnoterapi?

Sebagai terapi komplementer, hipnoterapi tetap memiliki keterbatasannya, dalam prakteknya hipnoterapis bukan menggantikan praktisi medis dan psikologis yang berwenang, melainkan melengkapi. Itulah kenapa ada beberapa kasus yang kami tetap referensikan pada praktisi medis dan psikolog yang lebih berwenang.

Dalam hubungannya dengan emosi, perilaku, sikap dan kebiasaan, hipnoterapi tidak bisa menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan gangguan psikologis dan kejiwaan seperti bipolar, skizofrenia dan gangguan lainnya (dinyatakan dengan adanya vonis resmi dari praktisi berwenang), juga yang melibatkan kasus-kasus berkebutuhan khusus dan gangguan pada fungsi organik otak.

Bagaimana penanganan psikosomatis dengan hipnoterapi?

Pertama-tama, kami perlu memastikan bahwa masalah yang dialami adalah benar psikosomatis, hal ini biasa diketahui dengan adanya rujukan/referensi dari dokter yang menangani klien.

Psikosomatis merupakan masalah yang muncul di bagian tubuh fisik klien namun biasanya tidak diketahui penyebabnya, dalam hal  ini emosi terpendam dalam diri klien-lah yang memunculkan penyakit-penyakit tersebut sebagai simtom. Kami memerlukan kejelasan bahwa psikosomatis yang dialami klien adalah benar adanya dan bukan penyakit fisik yang masih harus ditangani secara medis karena jika hal itu yang terjadi kami akan merekomendasikan klien menemui praktisi medis yang berwenang.

Dalam sesi hipnoterapi & konseling integratif kami akan melakukan assessment untuk mengungkap faktor-faktor yang membentuk dan menjadikan klien dirinya saat ini dan mengungkap berbagai kemungkinan emosi negatif yang terperangkap dalam pikiran bawah sadarnya, disusul dengan teknik-teknik hipnoterapi untuk menuntaskan masalah tersebut di sumbernya.

Bagaimana jika ingin melakukan pain management (pengendalian rasa sakit)?

Kami perlu memastikan kejelasan dari tujuan pain management yang Anda inginkan, termasuk surat rujukan dari dokter yang menangani. Dalam skala yang mendetail, pain management merupakan bagian dari medical hypnosis dimana hal ini hanya bisa difasilitasi oleh dokter atau tenaga medis lain yang berwenang. Jika kami menemukan kebutuhan pain management Anda berhubungan langsung dengan diagnosa medis kami akan merekomendasikan Anda pada rekan dokter kami yang menangani layanan ini.

Siapa saja yang bisa mengikuti sesi hipnoterapi?

Siapa pun yang bisa berkomunikasi secara verbal dan mampu fokus serta menalar arahan dari terapis serta mengikutinya berdasarkan kesadaran dan keinginan sendiri. Persyaratan tambahan adalah klien tidak memiliki hambatan medis yang terlampau berat yang dapat terpicu oleh gejolak emosional (sakit jantung, asma, epilepsi dll). Bagi anak-anak, diutamakan mereka yang sudah bisa berkomunikasi dan fokus pada arahan (biasanya 7 tahun ke atas).

Apakah hanya terbatas melayani klien dari Indonesia?

Graha Hipnoterapi Bandung memiliki tim terapis yang dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selama klien (dari manapun) dapat berkomunikasi dengan baik dengan salah satu dari kedua bahasa itu maka terapi dapat dilakukan seperti biasa.

Dimana mengikuti hipnoterapi? Bisakah dipanggil ke tempat kami?

Layanan hipnoterapi bersama Graha Hipnoterapi Bandung hanya bisa diikuti di kantor kami di Bandung. Kami tidak menerima panggilan karena proses hipnoterapi mensyaratkan beberapa pengkondisian situasi dan penggunaan alat bantu audio dimana kesemua ini sudah kami kondisikan di kantor tempat kami berpraktek.

Apakah masalah saya dijamin selesai dengan menjalani terapi?

Kesembuhan tergantung dari pada komitmen diri anda, dan dengan ijin Tuhan juga tentunya. Terapi adalah kontrak upaya dan bukan kontrak hasil. Seorang dokter tidak pernah menjanjikan anda akan sembuh, seorang guru tidak pernah menjanjikan anda akan menyerap ilmu dengan sempurna, seorang pilot tidak bisa menjanjikan pesawat akan tepat waktu sesuai perkiraan, semua tergantung dari diri kita sendiri dan faktor eksternal lainnya. Terapi dapat terlaksanakan dengan baik jika anda memiliki niat dan keinginan yang kuat untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi dan mau bekerja sama dengan terapis untuk menyelesaikannya bersama. Graha Hipnoterapi Bandung tidak pernah menjanjikan kesembuhan instan dengan iming-iming apa pun, semua adalah tentang menjalani proses sebaik mungkin.

Berapa sesi yang diperlukan untuk menangani permasalahan klien?

Tergantung dari permasalahan yang dihadapi, semakin berat permasalahannya, semakin besar kemungkinan klien harus menjalani beberapa sesi terpisah, karena waktu yang terbatas dalam setiap sesinya. Durasi maksimal untuk satu sesi adalah 2 jam (120 menit), ada kalanya karena kemendesakan durasi ini harus diperpanjang, namun maksimal perpanjangan waktu  tidaklah lebih dari 1 jam (60 menit).

Kami selalu merekomendasikan klien kami untuk menyiapkan diri menjalani idealnya 4 sesi untuk kasus sederhana seperti phobia atau mengikuti kontrak hipnoterapi & konseling integratif sebanyak 10 sesi per periode kontraknya yang melibatkan proses assessment dan behavior reinforcement untuk kasus-kasus yang melibatkan masalah-masalah kepercayaan diri, sosialisasi dan kualitas hidup, hal ini dimaksudkan untuk memastikan keseluruhan proses perubahan terjadi di semua aspek kehidupan yang terkait dan meminimalisir kemungkinan kumat kembalinya masalah tersebut (relapse).